oleh

Manchester City Kampium Liga Champion 2022-2023

MANCHESTER City juara Liga Champions 2022-2023 dan jadi klub kedua Inggris yang cetak treble winners. The Citizens – julukan Manchester City – mengalahkan Inter Milan dengan skor 1-0 di final Liga Champions 2022-2023.

Laga yang digelar di Ataturk Olympic Stadium, Minggu (11/6/2023) berlangsung dengan sengit selama 90 menit. Manchester City mendominasi namun kesulitan menembus rapatnya pertahanan Inter Milan.

Namun, momen emas tersebut tiba pada menit ke-68 ketika bola liar menghampiri Rodri. Sang gelandang Timnas Spanyol pun langsung menyambarnya untuk merobek gawang kawalan Andre Onana.

Skor 1-0 sudah cukup bagi Manchester City untuk meraih kemenangan. Mereka pun meraih trofi Si Kuping Besar pertamanya sepanjang sejarah klub.

Tak hanya itu, gelar ini juga melengkapi treble winners. Itu merupakan sebutan untuk keberhasilan suatu klub menjuarai tiga kompetisi berbeda yang presitius di akhir musim.

Sebelumnya, Manchester City telah lebih dulu meraih gelar juara Liga Inggris 2022-2023 setelah menyalip Arsenal di pekan-pekan terakhir. Kemudian, mereka mengalahkan Manchester United di final Piala FA 2022-2023 dengan skor 2-1 pada pekan lalu.

Dengan ini, Manchester City mengulang kesuksesan rival sekotanya, Manchester United. Sebelumnya, klub berjuluk Setan Merah tersebut memenangkan treble atau gelar di tiga ajang berbeda pada musim 1998-1999 silam.

Manchester City memang baru pertama kali meraih gelar juara Liga Champions. 

Dengan treble ini, Manchester City hanya menjadi klub kedelapan yang sukses merajai tiga kompetisi utama dalam semusim. Torehan treble Man City terasa semakin manis bagi Guardiola. Manajer Spanyol ini berarti sudah memenangi treble kedua di dalam kariernya.

Namun, yang membuat Pep Guardiola istimewa adalah dia menjadi manajer pertama yang meraih treble bersama dua klub yang berbeda. Pada kesempatan pertama Guardiola memenangi treble bersama tim super Barcelona di 2008/2009.

Dengan tiga titel juara Liga Champions maka Pep Guardiola sejajar dengan Zinedine Zidane, dan Bob Paisley. Guardiola hanya kalah dari Carlo Ancelotti, yang menjadi manajer tersukses di kompetisi usai empat kali juara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed