oleh

Hattrick di Final, Kylian Mbappe Top Skor Piala Dunia 2022

Kylian Mbappe berhasil mengukir sejarah pada final Piala Dunia 2022. Bertanding menghadapi Argentina di Lusail Iconic Stadium pada Ahad, 18 Desember 2022, ia berhasil mencatatkan namanya  menjadi pemain kedua yang mencetak hat-trick di laga final Piala Dunia.

Ia menyamai rekor Geoff Hurst dari Inggris. Hurst adalah pemain pertama yang mencetak tiga gol di partai final ketika timnas Inggris mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 setelah perpanjangan waktu pada tahun 1966.

Mbappe menjadi bintang kebangkitan Prancis saat mengejar defisit dua gol dari Argentina pada babak pertama. Ia berhasil mencetak gol lewat titik penalti dan gol memanfaatkan umpan Randal Kolo Muani. Dua gol tersebut membuat pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, ia kembali menginspirasi Prancis untuk menyamakan kedudukan. Setelah Argentina unggul kembali lewat gol Lionel Messi, gol penalti Mbappe pada menit ke-117 membuat kedua tim bermain imbang 3-3. Pertandingan pun harus diselesaikan lewat adu penalti dan Prancis harus mengakui keunggulan La Albiceleste 2-4.

Mbappe Bawa Pulang Sepatu Emas

Tiga gol di partai final membuat Mbappe resmi menyandang status top skor Piala Dunia 2022 dengan catatan delapan golnya sepanjang turnamen. Mbappe membuka rekening gol saat Prancis mengalahkan Australia 4-1. Dia mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Denmark dan tambahan dua gol lainnya kontra Polandia di babak 16 besar.

Setelah mandul di partai berikutnya, melawan Inggris dan Maroko, ia kembali menjadi protagonis dengan mengepak tiga gol lain di partai final. Sayang, Les Bleus harus kalah 2-4 di babak adu penalti sehingga gagal mengukir sejarah memenangi Piala Dunia dua kali beruntun sejak Brasil melakukannya pada 1962.

Daftar Tok Skor Piala Dunia 2022

8 Gol: Kylian Mbappe (Prancis)
7 Gol: Lionel Messi (Argentina)
4 Gol: Julian Alvarez (Argentina), Olivier Giroud (Prancis)
3 Gol: Richarlison (Brasil), Enner Rashford (Ekuador), Marcus Rashford (Inggris), Bukayo Saka (Inggris), Cody Gakpo (Belanda), Goncalo Ramos (Portugal), ALvaro Morata (Spanyol)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed