oleh

10 Klub Bola Bernilai Termahal di Dunia Versi Forbes 2023

Sepak bola semakin berkembang sebagai bisnis yang menguntungkan. Situs web Forbes mengatakan bahwa nilai klub sepak bola di dunia telah meroket.

Forbes menerbitkan daftar klub sepak bola termahal dunia tahun 2023 melalui laporan berjudul World’s Most Valuable Football Teams.

Menurut Forbes, untuk pertama kalinya ada dua tim dengan valuasi US$6 miliar, yakni Real Madrid dan Manchester United.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan nilai sebuah klub meningkat. Namun, menurut Forbes, alasan terbesar adalah meroketnya harga jual klub di mata calon pembeli atau pemegang saham. Hal ini menunjukkan semakin berkembangnya sepak bola sebagai sebuah bisnis.

Real Madrid adalah klub sepak bola termahal di dunia pada tahun 2023, dengan nilai tertinggi diperkirakan mencapai US$6,07 miliar atau sekitar Rp90,75 triliun (asumsi kurs Rp14.951/US$). Jumlah ini naik 19% dari tahun lalu (year-over-year).

Manchester United yang bersaing ketat dengan Los Blancos menjadi klub sepak bola termahal kedua tahun ini. Valuasi The Red Devils tercatat sebesar $6 miliar, yang merupakan peningkatan roket 30% dibandingkan tahun lalu (year-on-year).

Sementara itu, Barcelona memuncaki daftar klub termahal dunia 2021. Adapun tahun ini, Barca berada di posisi ketiga dengan valuasi US$5,51 miliar.

Lalu ada dua tim Inggris lainnya, Liverpool di urutan keempat ($5,29 miliar) dan Manchester City di urutan kelima ($4,99 miliar).

Di bawah ini adalah daftar tim sepak bola paling berharga menurut Forbes pada tahun 2023:

Real Madrid: $6,07 miliar
Manchester United: $6 miliar
Barcelona: $5,51 miliar
Liverpool: $5,29 miliar
Manchester City: $4,99 miliar
Bayern Munchen: $4,86 miliar
Paris Saint-Germain: $4,21 miliar
Chelsea: $3,1 miliar
Tottenham Hotspur: US $ 2,8 miliar
Arsenal: $2,26 miliar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed