oleh

Kompetisi Liga 1 Indonesia Termahal se ASEAN

Dunia sepak bola Indonesia boleh berbangga, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Liga 1 Indonesia dianggap sebagai liga sepak bola termahal di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), mengalahkan Liga 1 Thailand Thailand dan Liga Super Malaysia.

Dugaan tersebut diungkap oleh Transfermarkt, situs sepak bola Jerman terkemuka yang berfokus pada statistik, transfer, kontrak, dan lapangan untuk pemain, klub, dan kompetisi.

Nilai pasar Liga 1 Indonesia adalah 75,99 juta euro atau Rp 1,26 triliun. Berdasarkan harga jual 18 klub Liga 1 saat ini, Persib Bandung menjadi yang termahal €5,83 juta

Di urutan kedua ada Thai League 1 yang mewakili kompetisi level tertinggi dari liga kasta Thailand. Liga 1 Thailand disebut bernilai 73 juta euro atau setara Rp 1,21 triliun.

Baca Juga: Pers Vietnam Puji Timnas Putri U19 Indonesia €8,93 Juta di Semifinal vs Myanmar Pathum United

Sedangkan Malaysia di urutan ketiga. Liga Super Malaysia memiliki perkiraan harga eceran 53,74 juta euro yaitu 898 miliar

rupee. Klub termahal di Liga Super Malaysia adalah Johor Darul Ta’zim. Klub, lengkap dengan bek Indonesia Jordi Amat, bernilai sekitar €8,90 juta.

Liga 1 2023/2024 sudah berjalan selama dua minggu.Dua tim baru, Rans Nusantara FC dan Dewa United untuk sementara bersaing memperebutkan posisi pertama setelah menang beruntun.

PSSI yang dipimpin oleh CEO Erick Thohir tetap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Ligue 1. Keputusan terakhir Erick adalah memastikan penggunaan VAR sejak paruh kedua Ligue 1 musim ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed