oleh

Duterte Meminta Penyelidikan Terkait Permasalahan SEA Games 2019

Duterte Meminta Penyelidikan Terkait Permasalahan SEA Games 2019

Duterte Meminta Penyelidikan Terkait Permasalahan SEA Games 2019 – Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta kepada seluruh bawahannya untuk melakukan penyelidikan terperinci terkait jalannya SEA Games 2019. Hal tersebut dikarenakan munculnya berbagai rumor mengenai kurangnya profesionalitas Filipina dalam mengatasi SEA Games.

Salah satu yang meresahkan Duterte yaitu munculnya isi korupsi. Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengatakan bahwa Duterte tidak senang ketika mengetahui atlet-atlet dari negara lain yang bertandang ke Filipina tidak dijamu dengan semestinya. Selain itu, para atlet tersebut juga dikabarkan mengalami kesulitan dalam hal akomodasi dan transportasi begitu tiba di Filipina.

“Ada tuduhan korupsi yang tersebar di koran-koran lokal di Filipina, maupun internasional dan hal itu tidak disukai oleh Duterte. Oleh karena itu, sang Presiden ingin bawahannya untuk segera menginvestigasi hal tersebut. Dia tidak memberikan toleransi pada koruptor.” kata Panelo dalam sebuah wawancara pada Rabu seperti dikutip dari Philippine Star dalam situsnya.

Duterte Meminta Penyelidikan Terkait Permasalahan SEA Games 2019

Panelo menyatakan bahwa penyelidikan dugaan korupsi ini akan mencakup seluruh penyelenggara, tidak terkecuali ketua DPR yang juga menjabat sebagai ketua Komite Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC), Alan Cayetano.

Investigasi akan dilakukan dalam semua aspek, mulai dari penginapan para atlet, serta konstruksi kaldron yang menghabiskan dana hingga 45 juta peso.

Saat ditanya apakah penyelidikan tersebut muncul setelah tersebarnya rumor korupsi, Panelo menjawab,”Apabila terjadi korupsi, maka pemerintah akan bertanggung jawab.”

Tidak hanya masalah transportasi, makanan yang disajikan juga dilaporkan tidak layak. Contohnya adalah tidak tersedianya makanan halal untuk atlet muslim. Selain itu, beberapa venue juga belum selesai termasuk pusat media, dan fasilitas pemain.

Melihat hal tersebut, PHISGOC secara resmi meminta maaf atas kekacauan yang terjadi. Mereka pun berjanji akan mengoreksi kesalahan agar tidak terjadi hal serupa di masa yang akan datang.

Sementara itu, akun twitter SEA Games 2019 juga masih dibanjiri dengan berbagai keluhan serta kritik, baik dari dalam negeri maupun dari luar Filipina.

Akan tetapi. masih terdapat beberapa netizen yang berusaha menepis rumor buruk yang telah beredar selama beberapa hari ini. Salah satunya dari akun “artysfridz” yang mengatakan bahwa terlalu cepat untuk menyimpulkan bahwa SEA Games 2019 telah gagal.

Dia meminta agar warga Filipina tetap mendukung atlet favoritnya agar tetap sukses dalam event dan tidak terganggu oleh berita hoax.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed