oleh

Piala Dunia 2022: Mampukah Kroasia dan Maroko ke Final

Kroasia dan Maroko bukan lah dua negara yang difavoritkan dalam Piala Dunia. Langkah mereka menyingkirkan negara-negara favorit dan melesak hingga ke babak empat besar sangat mengejutkan. Namun, mengangkat trofi Piala Dunia bukanlah perkara mudah, seperti yang Kroasia alami sendiri pada 2018 dan sejumlah semifinalis lainnya. Dua langkah tersisa untuk menjadi juara dunia bisa menjadi laga tersulit.

Dalam sejarah Piala Dunia yang telah digelar selama 21 kali dalam kurun waktu 92 tahun, trofi bergengsi ini baru berhasil dimenangkan oleh delapan negara. Dari 79 negara yang ikut serta dalam laga ini, hanya 13 tim nasional yang mencapai babak final. Spanyol adalah negara terakhir yang berhasil masuk dalam daftar ‘negara elite’ setelah berhasil memenangkan juara Piala Dunia pada 2010. Sebelumnya Prancis bergabung ke dalam daftar tersebut setelah menjuarai turnamen pada 1998. Sementara Argentina masuk dalam daftar itu berkat raihan prestasi mereka pada Piala Dunia 1978.

Sejak saat itu hanya beberapa “negara luar” yang berhasil mencapai babak empat besar, tetapi hampir semuanya gagal melangkah hingga mencapai podium.

Kroasia berhasil mencapai semifinal pada 2018 dan tampil lebih baik dari 20 tahun sebelumnya dengan mengalahkan Inggris, tetapi kalah dari Prancis di babak final.

Kroasia kembali lagi pada tahun ini, melawan Argentina. Sementara Maroko sebagai negara yang jauh dari kata favorit malah melaju menjadi tim Afrika pertama yang masuk empat besar. Mereka berhasil menjegal tim-tim besar kelas berat Eropa seperti Belgia, Spanyol dan Portugal.

Prancis dan Argentina, saat ini sedang mengincar trofi Piala Dunia ketiga mereka. Keduanya menjadi negara-negara favorit yang dijagokan untuk keluar menjadi juara. Meski suara-suara netral masih menginginkan salah satu dari Kroasia ataupun Maroko menang dalam babak seminal. Salah satu dari mereka diharapkan menjadi kuda hitam, maju terus untuk menjadi juara dunia kesembilan, dan menorehkan sejarah baru dalam persepakbolaan dunia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed