oleh

Sudah Saatnya Pensiun dari Timnas Argentina, Wahai Lionel Messi!

Lionel Messi belum menunjukkan tanda-tanda hendak pensiun dari dunia sepak bola. Namun dengan usianya yang sudah menua, Ludovic Giuly menyarankan Messi agar setidaknya untuk gantung sepatu dari timnas Argentina.

Messi saat ini masih aktif sebagai pesepakbola profesional di dua level. Ia masih terikat kontrak bersama Paris Saint-Germain dan masih jadi bagian penting timnas Argentina.

Akhir musim 2022/2023 nanti kontraknya bersama PSG akan habis. Kemungkinan Messi pindah atau bertahan masih sama kuat, akan tetapi dirinya dipastikan masih akan terus berkarier.

Nah, Giuly menilai, keinginan Messi untuk terus aktif di level klub boleh-boleh saja. Namun, ia mengingatkan agar pemain berusia 35 tahun itu juga memerhatikan kondisi tubuhnya yang juga semakin renta.

Messi juga manusia, semakin tua umurnya, maka kapasitas tubuhnya melakukan sesuatu juga semakin berkurang. Dengan kata lain, ia tidak bisa terus bermain.

“Hal ini perlu diperhatikan bahwa Messi tidak bisa lagi untuk memainkan seluruh pertandingan yang ada,” kata Ludovic dikutip dari Le Parisien.

“Ada waktunya dia butuh istirahat, misalnya sebelum pertandingan di Liga Champions. Saya melihat perlu ada pola seperti itu, pertandingan dan satu hari untuk istirahat,” imbuh dia.

Keinginan Messi untuk terus aktif di dua level bakal jadi masalah. Menurut Ludovic, ada baiknya Messi memikirkan keputusan untuk pensiun dari timnas demi kebaikan dirinya sendiri.

“Messi mengatakan dia masih ingin bermain untuk Argentina. Saya rasa itu akan jadi masalah,” katanya.

“Di usia tertentu, kemampuan tubuhmu melakukan pemulihan bakal berkurang setelah mengalami perjalanan yang panjang,” ujarnya.

“Maka, haruskah dia berhenti dari pemanggilan timnas itu? Saya tidak tahu pasti, tetapi tentunya kami akan berbicara mengenai hal tersebut,” ucap Ludovic mengakhiri.

Messi dikabarkan masih dibutuhkan Argentina setidaknya hingga Piala Dunia 2026. Messi sendiri belum bisa memastikan, tetapi dirinya belum menutup kemungkinan akan hal tersebut.

Sementara itu, Messi masih diminati sejumlah klub besar. PSG masih ingin mempertahankannya semusim lebih lama, sedangkan Barcelona juga berhasrat memulangkannya.

Tawaran untuk bermain di luar Eropa pun mulai bermunculan. Inter Miami di Amerika Serikat dan Al Hilal di Arab Saudi jadi opsi lain yang bisa dipilih Messi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed