oleh

3 Negara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2022 telah berakhir Minggu, 18 Desember. Argentina menjadi yang terbaik dalam turnamen sepak bola empat tahunan yang berlangsung di Qatar itu.

Pada laga final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail Iconic, Argentina mengalahkan juara bertahan Prancis lewat adu penalti dengan skor 4-2. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 3-3 hingga babak perpanjangan waktu.

Selanjutnya Piala Dunia akan berlangsung di tiga negara pada 2026. Ketiga negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, Piala Dunia 2026 bakal ada penambahan jumlah peserta. Jika selama ini diikuti 32 negara, selanjutnya akan ada 48 peserta yang bersaing.

Sebanyak 48 tim dibagi ke dalam 16 grup yang masing-masing berisi tiga peserta. Selanjutnya dua tim terbaik akan lolos ke babak 32 besar.

Format baru ini dipertimbangkan FIFA karena Piala Dunia 2022 Qatar dianggap berjalan sukses. “Di sini, grup berisi empat tim sudah berjalan luar biasa. Sampai menit-menit terakhir pertandingan terakhir, Anda tak tahu siapa yang akan lolos,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dilansir BBC.

Sekadar informasi, format 32 tim sudah berlangsung selama 24 tahun atau tepatnya sejak Piala Dunia 1998 di Prancis. “Kita harus melihat ulang atau setidaknya mendiskusikan lagi formatnya. Ini adalah sesuatu yang pastinya akan ada di agenda pertemuan berikutnya,” ucap Infantino.

Kota tuan rumah Piala Dunia 2026 dan jumlah pertandingan

FIFA sudah mengumumkan 16 kota tuan rumah lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2026 pada 16 Juni 2022. Kota-kota itu dibagi berdasarkan wilayah, Kanada dua kota, Meksiko tiga kota, dan Amerika Serikat 11 kota.

Wilayah Barat terdiri dari Vancouver, Seattle, San Francisco, Los Angeles dan Guadalajara. Sementara Tengah ada Kansas, Dallas, Houston, Atlanta, Monterrey, dan Mexico City. Sedangkan Timur meliputi Toronto, Boston, New York, Philadelphia, dan Miami.

Jika format 32 tim memainkan 64 pertandingan, maka dengan 48 tim jumlah laga yang dimainkan menjadi 80.Jumlah tersebut termasuk babak perempat final, semifinal, dan final yang akan diselenggarakan oleh Amerika Serikat. Sementara Kanada dan Meksiko masing-masing menyelenggarakan 10 pertandingan

Tapi, jumlah laga yang dimainkan finalis tetap tujuh, di mana satu pertandingan fase grup digantikan di babak gugur. Turnamen juga akan selesai dalam 32 hari, sama seperti sebelumnya.

Sebagai tuan rumah untuk 60 pertandingan, Amerika Serikat memiliki 11 stadion yang bakal menjadi pentas Piala Dunia 2026. Stadion-stadion tersebut antara lain MetLife Stadium, AT & T Stadium, Arrowhead Stadium, NRG Stadium, Mercedez-Benz Stadium, dan SoFi Stadium.

Lima stadion lainnya adalah Lincoln Financial Fieldm Lumen Field, Levi’s Stadium, Gilette Stadium, Hard Rock Stadium.

Sementara Kanada memiliki dua stadion untuk menggelar 10 pertandingan. Kedua stadion itu ialah BC Place dan BMO Field. Sedangkan Meksiko, yang juga menyelenggerakan 10 laga, punya Estadio Azteca, Estadio BBVA, dan Estadio Akron.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed