oleh

Ragnar Oratmangoen Calon Pemain Naturalisasi Shin Tae-Yong

RAGNAR Oratmangoen menjadi pemain keturunan terbaru yang masuk radar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurut anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, Ragnar Oratmangoen menggantikan slot yang ditinggalkan Kevin Diks.

Lantas, kenapa proses naturalisasi Kevin Diks berhenti di tengah jalan? Bukannya Kevin Diks awalnya diplot bersama tiga pemain keturunan lain yakni Jordi Amat (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen) dan Mees Hilgers (FC Twente)?

Ternyata dalam perjalanannya, Shin Tae-yong menilai mubazir jika menaturalisasi Kevin Diks dan Sandy Walsh bersamaan. Sebab, Kevin Diks dan Sandy Walsh memiliki posisi asli yang sama yakni fullback kanan.

“Oleh karena posisi Kevin Diks dianggap sama dengan Sandy Walsh, akhirnya Shin Tae-yong menukar Diks dengan Ragnar Oratmangoen,” ujar Hasani, mengutip dari akun Instagram pribadinya @hasaniabdulgani, Rabu (22/12/2021). ”

Lantas, siapa sosok Ragnar Oratmangoen yang membuat Shin Tae-yong berubah pikiran? Pemain 23 tahun ini memiliki darah Belanda-Indonesia. Darah Indonesia didapatkan Ragnar Oratmangoen dari sang ayah yang berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Ragnar Oratmangoen lahir di Kota Oss, Belanda, pada 21 Januari 1998. Setelah menimba ilmu bersama tim muda Top Oss, Ragnar Oratmangoen berkarier bersama tim NEC Nijmegen U-21.

Sayangnya, Ragnar Oratmangoen gagal menembus skuad utama NEC Nijmegen yang saat ini mentas di kasta teratas Liga Belanda. Karena itu, pemain yang bisa turun sebagai winger kanan, kiri dan gelandang serang ini memutuskan pindah ke klub kasta kedua sepakbola Belanda, Cambuur SC, pada musim panas 2019.

Selama dua tahun di sana, Ragnar Oratmangoen mencetak 13 gol dan enam assist dari 50 pertandingan. Bahkan berkat bantuan Ragnar Oratmangoen, Cambuur SC berhak promosi ke Liga Belanda 2021-2022.

Hanya saja di musim panas 2021, Ragnar Oratmangoen hengkang ke klub kasta teratas Liga Belanda lain, Go Ahead Eagles. Bersama Go Ahead Eagles musim ini, Ragnar Oratmangoen sering diturunkan sebagai winger kiri.

Selain winger kiri, Ragnar Oratmangoen juga pernah beroperasi sebagai gelandang sentral, gelandang serang hingga winger kanan. Total dari 17 pertandingan Liga Belanda 2021-2022 bareng Go Ahead Eagles, Ragnar Oratmangoen mengemas dua assist.

Berkat bantuan Ragnar Oratmangoen, Go Ahead Eagles kini menempati posisi 11 dari 18 kontestan Liga Belanda 2021-2022. Tentu harapannya Ragnar Oratmangoen bisa segera gabung Timnas Indonesia demi mendongkrak prestasi skuad Garuda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed