oleh

Drawing Liga Champions Diulang, Ini Daftar Tim yang Mendapat Keuntungan

Insiden memalukan terjadi dalam undian babak 16 besar Liga Champions 2021/22. Pasalnya, undian sampai harus dilakukan dua kali karena kesalahan fatal pihak UEFA.

Senin (13/12/2021), undian Liga Champions sampai harus dilakukan dua kali oleh UEFA. Undian pertama dilangsungkan pukul 18.00 WIB dan sudah sampai rampung menentukan delapan pertandingan.

Hasil undian pertama juga cukup menarik. PSG bakal bertemu dengan Manchester United dan Atletico Madrid akan melawan Bayern Munchen.

Namun, karena terjadi sejumlah kesalahan dalam proses undian, UEFA harus mengulang undian babak 16 besar beberapa jam setelahnya.

Nah undian kedua ini mengubah nasib banyak tim. Ada yang diuntungkan dengan lawan baru, ada yang justru rugi karena harus menghadapi tim lebih kuat, siapa saja sih?

Undian awal yang dibatalkan

Benfica vs Real Madrid
Villarreal vs Man City
Atletico Madrid vs Bayern Munchen
RB Salzburg vs Liverpool
Inter vs Ajax
Sporting vs Juventus
Lille vs Chelsea
PSG vs Man Utd

Undian ulang yang disahkan

RB Salzburg vs Bayern Munchen
Sporting vs Manchester City
Benfica vs Ajax
Chelsea vs Lille
Atletico Madrid vs Manchester United
Villarreal vs Juventus
Inter vs Liverpool
PSG vs Real Madrid

Tim yang untung: Atletico Madrid

Atletico Madrid jelas jadi tim yang paling diuntungkan dari undian ulang kali ini. Betapa tidak, di undian awal mereka harus melawan Bayern Munchen yang jadi favorit juara.

Faktanya, undian harus diulang karena protes Atletico. Keputusan ini menguntungkan mereka yang jadinya akan melawan Manchester United. Bukan berarti MU tim mudah, setidaknya tidak sekuat Bayern.

Tim yang untung: Benfica

Di undian awal Benfica harus melawan Real Madrid, jelas pertandingan berat sebelah. Di undian kedua, Benfica akan melawan Ajax, seharusnya lebih seimbang.

Ajax termasuk salah satu tim paling konsisten di fase grup Liga Champions musim ini. Mereka lawan sulit, tapi setidaknya tidak setangguh Madrid.

Tim yang untung: Villarreal

Villarreal harus melawan Manchester City di undian awal. Dilihat dari sisi mana pun pertandingan ini bakal sangat sulit bagi tim Spanyol itu.

Di undian kedua Villarreal dipastikan melawan Juventus. Bukan bermaksud meremehkan kualitas Juventus, tapi setidaknya Villarreal masih punya peluang.

Tim yang untung: Manchester United

Manchester United harus menghadapi PSG di undian awal. Laga ini sempat rampai dibicarakan, khususnya terkait reuni Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

Tentu melawan PSG bukan tugas enteng. Tim Prancis itu dipenuhi bintang level top. Untungnya, undian diulang dan MU akan melawan Atletico Madrid.

Tim yang rugi: PSG

PSG seharusnya punya peluang menang atas MU di undian awal. Tim mereka lebih kuat dan lebih konsisten lawan MU.

Undian diulang dan PSG harus bertemu dengan Real Madrid. Jika berkaca pada performa kedua tim sekarang, Madrid tentu masih terlihat sangat kuat.

Tim yang rugi: Inter Milan

Di undian awal, Inter Milan bakal melawan Ajax Amsterdam di babak 16 besar Liga Champions. Pertandingan sulit, tapi di atas kertas Inter sedikit lebih unggul.

Setelah undian diulang, Inter harus melawan Liverpool. Tentu ini bakal jadi pertandingan sulit bagi tim Italia tersebut.

Tim yang Rugi: Liverpool

Liverpool seharusnya hanya perlu menyambut tantangan RB Salzburg di babak 16 besar Liga Champions. Namun, undian diulang dan mereka harus menghadapi Inter Milan.

Memang The Reds masih lebih unggul dari Inter. Meski begitu, tentu mereka akan lebih diuntungkan jika harus melawan Salzburg.

Ini Alasan Drawing Liga Champions Diulang

UEFA melakukan blunder pada drawing Liga Champions pada Senin (13/12/2021). Kesalahan tampak terjadi setelah bola undian Manchester United tak ditaruh di pot tepat setelah blunder saat penarikan bola Villarreal.

Suatu kesalahan teknis terjadi saat nama Manchester United keluar dari pot undian.

Man United pada awalnya dipasangkan dengan Villarreal, lawan mereka di fase grup yang seharusnya tidak bisa dipertemukan di fase undian ini.

Proses itu diulang kembali dan Villarreal kemudian dipertemukan dengan Manchester City.

Namun, mantan Arsenal Andrey Arshavin bersama dengan kepala kompetisi klub UEFA Michael Heselschwerdt dan Deputi Sekjen UEFA Giorgio Marchetti yang melakukan undian gagal menyadari kalau bola Man United tak berada di pot benar.

Man United seharusnya berada di pot yang dapat mempertemukan mereka kontra Atletico Madrid.

Hanya, nama Man United muncul sebagai salah satu yang tak dapat dihadapi Atletico selain Liverpool (yang satu grup dengan Atletico).

“Bagi Atletico Madrid, kemungkinannya adalah semua tim kecuali Liverpool yang berada di grup sama (dengan mereka) dan Manchester United,” tutur Marchetti saat undian.

“Manchester United telah diundi.”

Padahal, Man United sangat memungkinkan untuk bertemu Atletico Madrid karena mereka finish sebagai pemuncak Grup F sementara Atletico finish sebagai runners up Liverpool.

Atletico akhirnya dipasangkan dengan Bayern Muenchen dan Man United dengan PSG.

Akun resmi Atletico kemudian mengutarakan bahwa mereka tengah berdiskusi dengan UEFA untuk mencari solusi akibat kesalahan-kesalahan yang terjadi di drawing.

Sementara, Real Madrid dilaporkan meinta UEFA untuk melakukan drawing ulang tetapi hanya setelah bola mereka diambil (Real Madrid dipasangkan dengan Benfica) karena mereka beranggapan kesalahan terjadi setelah itu.

UEFA akhirnya menyadari kesalahan mereka dan mengeluarkan pernyataan pukul 19.43 WIB yang mengatakan kalau mereka akan mengadakan undian ulang.

“Menyusul suatu kesalahan teknis dengan perangkat lunak suatu penyedia jasa eksternal yang menginstruksikan para ofisial tim mana saja yang berhak tampil melawan satu sama lain, suatu kesalahan material terjadi pada undian Babak 16 Besar Liga Champions,” cuit UEFA di akun twitter resmi mereka.

“Sebagai hasil dari ini, undian telah dinyatakan batal dan akan diulang sepenuhnya pada 15.00 CET (21.00 WIB.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed